Thursday, May 26, 2016

Resep Cara Membuat Pempek Kulit Ikan Lezat

Berbeda dengan yang lain yang mengambil daging ikan, resep pempek kulit cenderung memanfaatkan kulit sebagai perasa. Karena memang pempek kulit merupakan pempek yang berasal dari bahan utama kulit ikan.  Hal inilah membuatnya beda dengan pempek palembang lainnya.


Pertama mempraktekkan resep pempek kulit tidak ada rasa tidak nyaman. Dulu membuat pempek adaan menggunakan ikan tengiri cuman dagingnya saja yang aku ambil dan kulit saya buang begitu saja. Alasannya karena sebelumnya belum pernah dan tahu cara membuat pempek kulit. Selain itu rasanya gimana gitu untuk memakannya. Setelah ada yang bilang rasanya enak lama-lama penasaran.

Disinilah awal mula saya mengaplikasikan resep pempek kulit di dapur. Pertama kali bikin rasanya ada yang aneh dan cenderung amis. Percobaan ke dua saya beri tetesan air jeruk nipis, alkhamdulillah hasilnya sangat memuaskan. Jika tidak ada jeruk nipis bisa pakai cuko.

Hasilnya kini sudah terasa, pempek yang dulunya amis kini disukai oleh keluargaku. Senang sekali rasanya bisa membuatkan anak dan ayah pempek asli palembang ini.

Resep Pempek Kulit

Bahan:
  • ikan tenggiri ambil kulitnya saja sebanyak 2,5 ons dan 1/2 ons daging ikan tenggiri, kemudian kulit daging giling halus
  • telur 2 buah
  • bawang merah dan bawang putih masing-masing 25 gram, blender atau ulek sampai halus
  • lada 1/2 sendok teh
  • garam 1 sendok makan munjung
  • tepung terigu 1/2 sendok makan
  • sagu 2 ons
  • daun bawang

Cara Membuat Pempek Ikan

  1. Siapkan wadah besar untuk mencampur bahan. Masukkan kulit dan daging yang sudah dihaluskan, campur dengan bawang, telur dan garam. Aduk-aduk sampai merata.
  2. Jika dirasa sudah menyatu taburkan tepung sagu dan terigu. Aduk kembali hingga kalis.
  3. Bentuk sesuai keinginan namun ciri khas dari pempek kulit adalah berbentuk pipih.
  4. Tinggal goreng, gunakan minyak banyak dan api sedang biar tidak gosong.
 Jika ingin menyimpan pempek kulit agar awet dan bisa dimakan lain waktu caranya cukup mudah. Setelah di bentuk simpanlah di frezeer. Bisa di goreng kapanpun jika sedang saja, jadi makannya tidak langsung banyak. Sekian Resep Cara Membuat Pempek Kulit Ikan Lezat dari saya.

 sumber:resepkafe.com

No comments:

Post a Comment